Selasa, 02 Oktober 2012

Otak, Super Prosesor Ciptaan Tuhan


Assalamu’alaikum Wr.wb.

Sebagaimana kita ketahui bahwa manusia adalah mahluk ciptaan Allah yang sangat sempurna jika dibandungkan dengan mahluk lain. Karena dalam penciptaannya manusia diberikan hati, akal dan pikiran, serta otak. Dan apabila semua itu bekerja akan menghasilkjan kombinasi kesempurnaan yang tidak bisa dipungkiri. Bukan maksudnya kesempurnaan seperti malaikat yang saya maksud. Tapi kesempurnaan duniawi. Dimana kia tidak akan mengalami kesulitan lagi. Apapun kesulitan kita akan selalu dapat diselesaikan. Dan begitu juga ketika kita melihat orang lain bermasalah kitapun akan selalu mudah membantu mereka.
Pada dasarnya Allah SWT menciptakan semua umat manusia itu sama. Tidak ada yang lebih dan tidak ada yang kurang. Namun yang membuat nabusia menjadi berbeda adalah mereka sendiri. Seperti firma Allah dalam Al-Qur’an. “Kami tidak akan semata-mata mengubah nasib suatu kaum, melainkan mereka sendiri yang merubahnya”. Maka sudah jelas, apapun aspek kehidupan kita itu sudah pasti jika kita tidak merubah sendiri maka kita akan tetap pada situasi tersebut.
Jadi ketika kita ingin berubah maka kita haruslah merubah diri kita. Jika kita biarkan diri kita begitu saja maka sudah tidak mungkin kita akan berubah. Kita diberikan otak oleh Allah bukan untuk sekedar isi kepala saja, melainkan digunakan untuk berfikir. Setelah berfikir maka seimbangkan dengan hati dan akal. Maka apapun yang kita lakukan akan bermanfaat bagi kita maupun untuk orang lain.
Otak manusia adalah super prosesor ciptaan Allah yang tidak pernah rusak jika digunakan. Prosesor ciptaan manusia jika terus dipakai tanpa istirahat maka akan rusak. Sedangkan otak kita sebaliknya. Semakin digunakan akan semakin tajam. Contohnya sejak kita kecil sampai hari ini anda membaca artikel saya ini, berapa kenangan, berapa pelajaran, berapa banyak teman yang anda ingat sejak kecil hingga sekarang. Dan apakah otak anda penuh? Tentu tidak, anda masih dapat menambah lagi dan lagi. Dan kapasitas otak manusia itu adalah unlimited, tidak ada batasnya. Yang harus kita lakukan adalah menggunakan otak kita, dan apabila kita memiliki pengetahuan maka kita haruslah berbgai dengan orang lain agar ilmu pengetahuan kita lebih berguna dan bermanfaat. Sehingga kita menjadi orang yang pantas untuk diberikan curahan rahmat dari Allah SWT.
Untuk itu marilah kita gunakan otak kita sebagai alat untuk mengkoordinir kehidupan kita. Kemudian melalui penyaring yaitu hati, agar terciptanya kestabilan dalam pengambilan keputusan. Sehingga keputusan yang diambilpun adalah keputusan yang sangat matang.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua amiin.
Nuun walqalami wamaa yasturun...
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalakan balasan untuk kami, guna proses perbaikan untuk blog kami.