Jumat, 21 September 2012

Ilmu Pengetahuan Adalah Mata Uang yang Berlaku Di Seluruh Dunia


Halo Akang dan Neng, masih setia membaca postingan saya?

Kali ini saya menulis artikel mengenai "Ilmu Pengetahuan Adalah Mata Uang yang Berlaku Di Seluruh Dunia". Wah judulnya panjang sekali, apa sih isinya. Langsung simak aja yuk.

Ilmu pengetahuan adalah mata uang yang berlaku diseluruh dunia, itulah judul postingan saya kali ini. Kalimat ini pernah saya dengar ketika say amenonton acara "Hitam Putih" di Trans 7. Pada saat itu bintang

tamunya adalah personil CAGUR. Diantaranya Narji, Wendi, dan Deny. Narji mengatakan bahwa pengetahuan adalah mata uang yang berlaku di seluruh dunia. Saya pernah mendengar kalimat tersebut dan

nampaknya dia juga mengutip kalimat tersebut. Tidak salah kan mengutip kalimat orang? Jika kalimat itu berguna bagi diri kita dan bagi orang lain.

Nah ngomong-ngomong soal kalimat itu, setelah saya mendengar Narji Cagur berkata demikian, saya langsung mengingat kalimat tersebut dan mulai memikirkannya. Memang benar sekali kalimat tersebut. Ini

adalah pengalaman saya sendiri, dulu saya adalah orang yang mendapat didikan keras oleh kedua orang tua saya. Saya bahkan tidak boleh terlalu lama bermain dengan anak seusia saya. Sehingga itu

menyebabkan saya menjadi kurang dalam pergaulan, saya malu bertemu orang, saya malu mengungkapakan pendapat, meskipun itu benar. Dan tidak ada yang tahu kemampuan saya selain diri saya sendiri.

Ketika sekali saya bermain dengan teman sebaya saya saya menjadi bingung sendiri bagaimana saya harus bergaul dengan mereka, karena saya merasa saya tidak memiliki pengetahuan seperti mereka. Lalu

saat itu saya beranjak dewasa, saya mulai masuk Sekolah Menengah Pertama, di sana tentu saja semakin banyak orang yang saya jumpai dan semakin banyak juga karakter orang yang harus saya fahami.

Saya bukanlah orang pintar yang selalu tahu segala sesuatu, saya adalah orang yang belajar dari pengalaman. Pada saat itu saya yang tadinya di didik secara keras, merasa diri saya terbebas, saya bergaul

sesuka saya, namun pergaulan yang salah kaprah membuat saya terjerumus ke dalam hal yang negatif. Akhirnya saya mulai memperbaiki diri saya menjadi orang yang lebih baik. Dan saya mulai mengerti

artinya ilmu pengetahuan sejak saya duduk di bangku kelas 3 SMP. Pada saat itu saya sudah mulai mempelajari apapun yang ingin dipelajari oleh orang lain. Saat itu anak-anak seusia saya sangat sekali

mengidam-idamkan memiliki pasangan alias pacar. Saya mempelajari hal itu sehingga saya mampu menjadi penasehat percintaan bagi mereka. Hahahaha gaya ya? umur segitu udah tau cinta.

Sejak saat itu banyak orang yang menjadi dekat dengan saya, yah sering minta pendapat saya. Dan saya mulai terobsesi dengan pengetahuan. Saya belajar segala sesuatu yang tidak dipelajari oleh orang lain.

Contohnya bahasa Inggris, saat itu hanya sedikit anak yang menguasai bahasa Inggris, dan saya mati-matian belajar bahasa Inggris. Alhasil saya sukses dan bisa berbahasa Inggris, teman saya bertambah, dan

pergaulan saya semakin luas. Percobaan kedua saya ternyata berhasil, sejak saat itu saya mulai berfikir bahwa jika kita memiliki pengetahuan maka kita akan bisa diterima diberbagai lapisan. Saya tidak henti-

hentinya belajar, belajar, dan belajar. Mempelajari apapun yang bisa saya pelajari. Dan memang terbukti, bahwa kemanapun saya pergi dengan pengetahuan selalu saja saya diterima dan bahkan mendapat

tempat istimewa di tengah-tengah mereka. Lalu saya juga mulai berfikir apalah artinya kita pintar jika hanya digunakan untuk kita sendiri, saya mulai membagi segala macam hal yang saya tahu mulai kepada

teman-teman saya, dan mereka menerima dengan baik. Karena saya menganut Ilmu tanpa Amalan, maka akan menjadi ilmu yang tidak bermanfaat. Dan sebaliknya Amalan tanpa Ilmu akan menjadi amalan

yang sia-sia dan tanpa tujuan.

Saya terus menjalani kehidupan seperti itu dan inilah hasilnya, hari ini saya bisa membaginya dengan anda, dan mungkin apa yang saya bagikan hari ini akan berguna bagi anda. Hikmahnya dimanapun kita

berada, kemanapaun kita pergi, dan bersama siapapun kita, dengan pengetahuan yang selalu dikembangkan, maka itu akan membuat kita terbebas dari segala macam kesulitan.

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membaca. Dan jika anda mempunyai pengetahuan lain mari berbagi dengan saya dan orang lain, sehingga pengetahuan anda menjadi pengetahuan yang

bermanfaat. Amiiin.

Sampai berjumpa di postingan saya selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalakan balasan untuk kami, guna proses perbaikan untuk blog kami.