Kamis, 27 September 2012

Sikap Sabar Dapat Membawa Keberuntungan Dalam Kehidupan

Assalamu'alaikum Akang dan Neng pembaca yang dimuliakan oleh Allah SWT. Mudah-mudahan anda selalu berada dalam lindungan Allah SWT, serta diberikan Rahmat dan hidayah-Nya.

Hari ini saya ingin berbagi sebuah pengalaman tentang bersikap sabar dalam kehidupan sehari-hari. Sejujurnya saya adalah seorang yang sangat tidak sabar. Seringkali saya melakukan tindakan yang emosional, tidak terkontrol dan tidak terarah. Dan akibatnya saya sering mengalami respon negatif dari apapun. Baik itu dari orang tua saya, teman saya, bahkan orang lain. Saya merasa saya ingin selalu didahulukan daripada orang lain, maka dari itu cara apapun saya tempuh untuk mendapatkan apa yang saya inginkan. Yah memang bukan mencuri atau membunuh orang ya, amit-amit saya harus melakukan tindakan itu. Biasanya jika saya ingin memiliki barang tertentu saya berbohong pada orang tua saya agar bisa mendapatkannya. Atau ketika saya mengendarai motor saya, tiba-tiba ada orang yang banyak gaya, saya selalu marah dan emosi, padahal kalau saya perhatikan saya sama dengan dia. Kejadian itu sudah berlangsung lama, hingga suatu saat saya mulai berfikir akan dampak positif dan dampak negatifnya.

Semakin cepat seseorang emosi dan tidak bisa menahan kesabarannya, maka semakin dekat dia dengan hal-hal buruk. Contohnya saja emosi, orang yang cepat emosi akan cenderung dekat dengan sakit. Misalkan darah tinggi, serangan jantung, dll. Nah itu sungguh sangat merugikan bukan?

Tentunya kita tidak mau mengalami hal itu. Maka dari itu saya mulai berubah sedikit demi sedikit. Saya tanamkan sikap sabar dalam kehidupan saya sehari-hari. Dan saya mulai merasakan efek positif yang saya dapatkan. Saya menjadi orang yang lebih tenang, perasaan saya selalu diliputi ketentraman. Tidak ada lagi emosi, buruk sangka, iri hati dan dengki. Sungguh sebuah perasaan nikmat yang begitu besar yang dikaruniakan oleh Allah SWT.

Manfaat dari bersikap sabar adalah :

  • Dijauhkan dari segala macam bentuk permasalahan yang terjadi antar individu maupun kelompuk.
  • Munculnya sikap tenggang rasa dan saling berbagi antar sesama manusia.
  • Diberikan kesehatan yang lebih panjang daripada orang yang tidak bisa sabar.
  • Pintu rezeki dimudahkan jika dia mau berusaha meraihnya.
  • Mendapat kasih sayang dari Allah SWT.
  • dan masih banyak lagi dampak positif yang bisa anda petik.
Nah untuk memulai proses perubahan dalam diri kita untuk menjadi penyabar adalah dengan niat yang kuat dan tekad yang kokoh untuk memperbaiki hidup. Setelah itu awalai dengan berwudhu terlebih dahulu, dan cobalah untuk menjaga wudhu kita supaya tidak batal, apabila wudhu kita batal segera ambil air wudhu lagi. Begitu seterusnya, ini dimaksudkan agar kita selalu merasa bahwa kita sedang dalam keadaan suci dan tidak boleh terkena atau melakukan tindakan yang bisa membatalkan wudhu Setelah berwudhu maka kita mulai niatkan untuk melakukan ibadah shalat tepat pada waktunya. Jika kombinasi wudhu dan shalat sudah terjalin maka niscaya proses perubahan anda akan lebih cepat. Setelah kedua hal utama itu terjadi, maka kita tinggal memberikan sentuhan akhir pada usaha perubahan kita. Apa itu? Jawabannya adalah tafakur, ini hal yang paling penting yang harus dilakukan. Tafakur memberikan jawaban yang dicari manusia ketika hidup di dunia. Tafakur memberikan keleluasaan manusia untuk lebih mendalami apa yang ingin mereka dalami. Hal yang terpenting adalah kina mentafakuri diri kita sendiri. Dari mana asal kita, bagaimana status kita dimata Allah, apa yang harus kita lakukan.

Jika proses terakhir itu terjadi maka sudah pasti akan timbul dampak positif yaitu, rasa sombong, angkuh, takabur, akan hilang dengan sendirinya. Tingkat emosional kita menjadi rendah, menjadi pribadi yang tidak cepat tersinggung. Akan senantiasa menghormati orang lain. Maka Insya Allah dengan izin-Nya sikap sabar akan terbentuk dalam diri kita, dan kita hanya tinggal menjalani hidup dengan ketenangan yang luar biasa nikmatnya.

"Sesungguhnya Allah sangat mencintai orang yang sabar dan berserah diri"

Semoga artikel yang saya tulis menjadi manfaat yang besar bagi kita semua, Amiin. Sampai jumpa di postingan saya selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalakan balasan untuk kami, guna proses perbaikan untuk blog kami.