Jumat, 21 September 2012

Khasiat Berwudhu

Selamat siang Akang dan Neng yang selalu setia membaca postingan Saya.

Hari ini saya akan menulis artikel yang tadi sudah saya baca, dan saya akan menulis kembali untuk anda.

Ini Mengenai Wudhu/Wudlu yah apapun namanya itu karena ada sebagian orang yang menamakan Wudhu, dan adapula yang menyebutnya Wudlu. Namun pada intinya kegiatannya sama. Yang jelas itu adalah kegiatan pertama yang dilakukan orang Muslim sebelum beribadah. Wudhu/Wudlu yang sering dikatakan orang, itu berfungsi untuk membersihkan sebagian anggota badan yang bisa dikatakan sangat cepat dihinggapi kotoran. Bagian tubuh yang kita bersihkan ketika Wudhu/Wudlu adalah Tangan, Mulut, Hidung, Wajah, Ubun-ubun, Telinga, serta Kaki. Tahukah anda bahwa sebenarnya, selain Wudhu/Wudlu itu bisa membersihkan anggota badan yang tadi disebutkan, ternyata Wudhu/Wudlu juga mempunyai khasiat tersendiri.
Yaitu mencegah masuknya bibit penyaki (Kuman). Sehingga dengan Wudhu/Wudlu kita menjadi lebih tahan terhadap penyakit.

Bagaimana bisa Wudhu/Wudlu menangkal bibit penyakit?

Menurut Dr. Magomedov, asisten lembaga General Hygiene and Ecology di Daghestan State Medical Academymenjelaskan bahwa Wudhu/Wudlu bisa menstimulasi irama tubuh secara alami.

Stimulasi atau rangsangan ini muncul pada seluruh tubuh, khususnya pada area yang disebut "Biological Active Spots" (BASes). Artinya adalah titik aktif biologi. Berdasarkan riset lanjutan ternyata konsep ini hampir mirip dengan konsep refleksologi Cina. Dan menurut beliau, untuk menguasai konsep refleksologi Cina mungkin membutuhkan waktu 15-20 tahun, sedangkan untuk praktik Wudhu/Wudlu hanya membutuhkan beberapa menit saja.

Menurut para ahli yang menguasai teori refleksologi Cina, Wudhu/Wudlu membasuh setidaknya 61 dari 65 titik refleksologi Cina. Wow hanya tersisa 4 titik dari keseluruhan. Dan bagian yang tidak tersentuh itu terletak diantara Tumit dan Lutut, yang pada area ini tidak terlalu diwajibkan dibasuh Wudhu/Wudlu namun boleh saja dilakukan. 

Sistem metabolisme tubuh manusia terhubung dengan jutaan syaraf yang tersebar di seluruh tubuh dan ujungnya menyebar di sepanjang kulit. Sehingga kulit menjadi tahapan awal untuk manusia dalam mengalami berbagai hal. Jika Manusia sakit, maka itu disebabkan karena ada virus yang masuk melalui kulit ataupunorgan lainnya. Dan Wudhu/Wudlu menangkal itu dengan menggunakan metode penyembuhan dengan media Air. Seperti kita ketahui Air merupaka salah satu elemen yang bisa dikatakan elemen yang murni. Karena air merupakan sebuah elemen yang tak hanya bersih, namun air juga dapat membersihkan, dan sifat dari air ini adalah fleksible. Bahkan menurut peneitian 80% dari tubuh manusia adalah cairan. 

Nah guyuran air Wudhu/Wudlu dalam konsep pengobatan modern disebut dengan hidromassage yang artinya pijatan dengan elemen air sebagai media penyembuhan. 

Membasuh area wajah, ternyata memberikan efek yang sangat positif bagi usus, ginjal, dan sistem saraf, maupun sistem reproduksi.

Membasuh kaki kiri berefek positif pada kelenjar pituitari.

Ditelinga kita juga terdapat ratusan titik biologis, fungsi globalnya menurunkan tekanan darah dan mengurangi rasa sakit.

Dari sudut pandang pengibatan medis. Mokhtar Salem pada bukunya "Prayers : A Sport for The Body and Soul" menjelaskan, Wudhu/Wudlu bisa mencegah kanker kulit.

Kanker kulit sendiri terjadi karena melekatnya bahan atau unsur-unsur kimia yang menempel dan terserap ke dalam tubuh melalui kulit. Nah Wudhu/Wudlu adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah resiko ini terjadi. Dengan melakukan Wudhu/Wudlu lima kali sehari sesuai jadwal Shalat lima waktu, itu bisa menjadi antisipasi yang baik. Selain membersihkan kulit, ternyata Wudhu/Wudlu juga meremajakan sel-sel kulit wajah sehingga membantu mencegah munculnya keriput. Selain itu Wudhu/Wudlu juga meremajakan selaput lendir menjadi gugus depan pertahanan tubuh. Peremajaan memang penting karena lendir itu akan membawa benda asing dan langsung mengarahkan pada dua buah senjata alami yang dimiliki oleh manusia. Yakni Limfosit T (Sel T) dan Limfosit B (Sel B). Keduanya berada pada jaringan limfoid dan sistem getah bening, dan berfungsi menghancurkan kuman yang hendak menyerang tubuh. Jika bagian ini terganggu maka manusia akan lebih rentan terserang virus. Virus HIV adalah salah satu virus yang menyerang sistem pertahanan tubuh manusia. Dan ini dibuktikan oleh fakta yang terjadi, orang yang terkena virus HIV akan lebih mudah terserang penyakit.

Nah dengan Wudhu/Wudlu kita secara tidak langsung meremajakan sel pertahanan tubuh manusia yang tadi. Sehingga tubuh kita menjadi kuat. 

Kemudian pada saat Wudhu/Wudlu disunnahkan menghirup air kedalam hidung lalu mengeluarkannya, ini bisa menjadi penangkal efektif bagi "ISPA" (infeksi saluran pernafasan Akut), TBC, Kanker Nasofaring dini.

Seorang muslim diwajibkan untuk mengambil air Wudhu/Wudlu ketika mereka selesai berhadast, hendak membaca Al-Quran, sehabis mengantar jenazah, ataupun ketika mengantuk.

Selain fungsi fisiologis, Wudhu/Wudlu juga mempunyai fungsi emosional. Yaitu mengendalikan emosi seseorang. Jadi ketika sedang emosi, Wudhu/Wudlu menjadi jalan terbaik untuk meredakannya. Maka fikirannya menjadi dingin dan hati menjadi tentram.

Nah memang Allah SWT adalah Dzat yang maha pengasih dan pemurah. Allah SWT tidak semata-mata memperintahkan sesuatu apabila tidak ada manfaatnya untuk manusia. Maka kewajiban kita sebagai manusia adalah jangan sampai kita menyia-nyiakan kasih sayang dari Allah SWT. Marilah kita bersama-sama menaati perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya.

Sesungguhnya Allah SWT sangat mencintai orang-orang yang membersihkan diri.

Artikel ini di kutip dan kemudian disunting dari artikel Garut News yang berjudul "Inilah, Kedahsyatan Wudlu".
Sumber : http://garutnews.com/?p=18061

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalakan balasan untuk kami, guna proses perbaikan untuk blog kami.