Jumat, 21 September 2012

Manfaat membaca Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah kitab suci umat Muslim. Di setiap belahan dunia manapun, hanya terdapat satu jenis Al-Qur'an. Dan hanya terdapat satu versi Al-Qur'an. Untuk itu kita semua selaku umat muslim wajib mengakui dan meng-Imani Al-Qur'an sebagai salah satu kitab suci bagi umat muslim. Dan tak hanya untuk umat muslim saja, bahkan untuk umat yang non muslim saja Al-Qur'an bisa sangat berguna jika digunakan dengan benar.

Lalu apa saja manfaat membaca Al-Qur'an?

Tentu saja banyak sekali manfaat yang bisa kita raih dengan membaca Al-Qur'an diantaranya :

  • Ketenangan Hati, setelah kita membaca  Al-Qur'an hati kita menjadi tentram, tidak ada perasaan curiga, tidak ada rasa iri dan dengki, sehingga siapapun yang membaca  Al-Qur'an akan terbebas dari segala macam godaan.
  • Obat Lahir dan Bathin, seringkali kita menemukan di sebuah rumah, ketika ada orang yang sedang sakit, keluarga orang sakit tersebut mengadakan pengajian. Itu maksudnya bukan berarti membaca  Al-Qur'an adalah media penyembuhan. Sehingga setiap orang sakit harus dibacakan ayat suci  Al-Qur'an. Tapi membaca  Al-Qur'an dalam kegiatan tersebut adalah beribadah dan berdoa untuk kesembuhan, dan membaca  Al-Qur'an tersebut dilakukan dengan ikhlas karena Allah SWT.
  • Memperbaiki Panca Indra, dengan membaca  Al-Qur'an dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh mengharap ridha dari Allah SWT, maka Allah membalas amalan tersebut tanpa terkecuali. Ayah saya dulunya mengalami penyakit pada mata, sehingga untuk membaca saja harus menggunakan kacamata. Namun Ibu saya selalu mengingatkan Ayah saya harus membaca  Al-Qur'an karena itu salah satu ibadah yang harus dilakukan oleh umat muslim. Dan Ayah saya menjalani kegiatan tersebut. Ayah saya membaca  Al-Qur'an setiap malam sehabis shalat magrib, tanpa ada keinginan apapun. Beliau menjalani dengan sungguh-sungguh. Lalu Allah memberikan rahmat dan kasih sayangnya, sekarang Ayah tidak membutuhkan kacamata lagi. Bahkan pandangannya semakin tajam.
  • Terhindar dari Masalah, kadang manusia mengalami kejadian yang tidak diinginkan oleh mereka. Namun dengan membaca  Al-Qur'an dengan ikhlas, maka Allah SWT memberikan pertolongan, dan senantiasa menjaganya dari mara bahaya.
Nah begitu banyak manfaat membaca Al-Qur'an. Saya hanya menuliskan beberapa yang sudah terbukti oleh diri saya sendiri. Selain itu masih banyak lagi yang mungkin sangat berguna bagi kita semua.

Ada sebuah ungkapan yang sering kita dengar pada saat para ulama, ustadz berdakwah, yaitu "Bacalah, walaupun hanya satu ayat". Itu bukti kasih sayang Allah SWT kepada seluruh umat manusia. Allah SWT memberikan pahala yang berlimpah kepada manusia walaupun mereka hanya membaca Al-Qur'an satu ayat saja. Apalagi kalau kita membacanya beberapa ayat, tentu pahala yang diberikan Allah akan semakin berlimpah pula. Betapa besar kebaikan dan kemurahan Allah SWT kepada umatnya yang selalu menaati-Nya, maka apabila kita semua tidak bisa membalas kasih sayangnya dengan menaati segala perintahnya dan menjauhi larangannya, maka sesungguhnya kita tergolong sebagai manusia yang tidak tahu berbalas budi.

Proses beribadah umat muslim sangatlah ringan. Hanya 30 Menit sehari dari 24 Jam waktu kita hidup di dunia. Lima menit untuk shalat fardhu, dikali lima waktu shalat adalah 25 Menit. Dan membaca Al-Qur'an selama lima menit pula. Hanya 30 menit dari sehari waktu kita, tentu tidak merugikan bukan?

Mulailah niatkan dari hati yang paling dalam, bahwa mulai hari ini kita akan berusaha menjadi umat muslim yang taat kepada Allah SWT. Maka Allah SWT akan selalu mencurahkan kasih sayang-Nya kepada kita semua. Mudah-mudahan kita termasuk umat yang selalu dicintai oleh Allah SWT. Amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalakan balasan untuk kami, guna proses perbaikan untuk blog kami.