Jumat, 21 September 2012

Menulis Membiasakan Menjadi Disiplin

Selamat siang Akang dan Neng, waduh saya udah lama juga ya meninggalkan dunia blog ini, maklum sibuk di sana sini. Oh iya sering sekali orang mengirimi saya email, dan bertanya kenapa saya sangat suka sekali menulis?
Saya anggap itu sebagai pertanyaan yang harus diangkat ke publik. Karena jawaban saya mungkin akan berpengaruh besar bagi proses pendidikan. Awalnya saya tidak suka menulis, saya lebih suka membaca daripada menulis. Seiring berjalannya waktu saya bertemu dengan berbagai karakter orang. Dan saya memang terlatih dibidang psikologi, dan sering kali saya tertarik untuk meneliti manusia. Bukan melakukan penelitian secara lahiriah, tapi secara psikologi. Dimana kita mempelajari dan mempelajari setiap karakter orang yang kita temui. Dan ternyata hal itu membawa saya pada suatu saat dimana pada saat itu saya sedang mempelajari salah seorang guru saya. Beliau bernama Bapak Gunawan Hardianto. Beliau adalah seorang penulis dan gelar beliau adalah sarjana sosial, dan saya sangat suka membaca buku karya beliau. Dan disalah satu bukunya yang berjudul "Seni Membaca Karakter Diri Sendiri", saya menemukan sebuah kalimat yang menarik bagi saya. Sejujurnya saya adalah seorang pelupa, dan saya menemukan trik mempelajari sesuatu supaya tidak cepat lupa. Di buku tersebut tertulis, "Ketika kita mempelajari sesuatu, agar kita tidak cepat melupakannya, maka tulislah apa yang kita pelajari sebanyak 40 kali. Karena pada saat menulis bukan hanya kita menulis, tapi sekaligus kita menghapalkannya".

Berawal dari situ saya sering membuat catatan kecil untuk segala sesuatu yang terjadi. Yah proses terjadinya hampir mirip dengan ketika kita menulis di diary. Jadi apapun yang kita alami setiap hari, kita tulis di buku tersebut. itu pun yang saya lakukan, saya menulis berbagai pengalaman yang telah saya lalui, dan baru saja saya dapatkan. Ternyata saya mulai ketagihan menulis, karena dengan menulis kita menjadi orang yang rajin dan teratur. Maka dari itu saya memutuskan untuk menjadi seorang penulis. Yah meskipun kualitas tulisannya belum se-bagus dan se-berkualitas orang lain, tapi setidaknya saya punya semangat untuk terus belajar. 

Dan jawaban saya untuk anda yang mengirimi email tentang mengapa saya  sangat suka menulis. Saya rangkum jawaban saya menjadi beberapa point, yaitu :

  • Dengan menulis, kita bisa menghapal dan menulis dalam waktu bersamaan. Jadi tidak ada istilah kesulitan menghapal lagi.
  • Dengan menulis, dan tulisan kita berguna bagi orang lain, maka itu artinya kita sudah beramal untuk orang lain.
  • Dengan menulis, kita bisa menjadi kreatif, imajiinatif, dan cerdas dalam membaca situasi.
  • Dengan Menulis, kita menjadi orang yang berkembang.
  • Dengan menulis, itu menjadikan kita menjadi orang yang tidak pemalas, dan selalu disiplin.
  • Dengan menulis, kita mempunyai jalan untuk mengeksplorasi kemampuan dan hal-hal baru.

Itu adalah rangkuman dari jawaban saya. Memang agak banyak itu sebabnya saya berikan per point. Kalau saya tuliskan dalam bentuk paragraf mungkin akanterlalu panjang, dan anda akan sulit mengerti.

Jadi tidak ada halangan untuk anda menulis. Karena semua hal yang berguna dari menulis akan kembali kepada anda sendiri. Jadi cobalah untuk menulis, meskipun hanya sepatah dua patah kata. Dan rasakan perbedaannya.

Keep Reading, Start Writing, and Never Stop Action.

Kunjungi Situs Pribadi Saya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalakan balasan untuk kami, guna proses perbaikan untuk blog kami.