Sabtu, 22 September 2012

Pengen Gaya di Twitter? Harus Tahu Rahasianya

Selamat siang Akang dan Neng sekalian, udah pada punya twitter belum? Pastinya ada yang udah, ada yang belum, ada yang udah tapi gak pernah dipake. Bukan karena kita gak bisa online atau gak punya koneksi internet, tapi karena kita gak ngerti cara menggunakan twitter yang baik dan berpotensi.

Sebelumnya maaf nih bukan meggurui atau sok jago di twitter, Artikel ini juga berdasarkan pengalaman saya dan hasil membaca dari artikel orang lain yang saling bertukan informasi dengan saya. Oke gak panjang lebar lagi deh kita langsung masuk kelas.

Langkah Pertama

Saat kita membuat sebuah akun twitter, kita awalai dengan proses registrasi akun, nah pasti proses registrasi udah pada tahu, sama dengan kita daftar email, atau facebook. Hanya saja twitter lebih simple. Lalu setelah kita registrasi kita diminta untuk melakukan prosedur dasar yaitu mengikuti (Following). kita ikuti saja step by step nya. Dan hal itu berakhir di pengisian bio dan pengunggahan Avatar/Photo profil. Setelah itu buka provider email yang anda gunakan untuk daftar twitter. Misalkan anda daftar dengan akun yahoo, maka buka email di alamat yahoo anda. Begitupun dengan gmail atau email lainnya. Nah setelah registrasi, fihak twitter akan selalu mengirimkan email untuk dikonfirmasi oleh kita. Email tersebut sebagai pernyataan bahwa alamat email tersebut benar-benar resmi milik kita dan memang sengaja digunakan untuk mendaftar twitter, serta anda selaku pemiliknya menyatakan secara sah bahwa email tersebut menjadi email utama dari twitter anda.

Langkah Kedua

Setelah proses konfirmasi berhasil maka anda akan dapat menikmati semua layanan yang diberikan oleh twitter. Misalkan fitur pembuat widget, yang bisa ditempelkan di situs atau blog pribadi anda. Lalu lanjut ke bagian kedua proses penggunaan twitter. Mulailah untuk mengikuti orang dan menunggu kita di ikuti orang lain atau istilah resmi twitternya untuk orang yang kita ikuti dan balik mengikuti kita adalah following back.

Setelah kita di FollBack alias following back baru maka kita bisa melakukan conversasi atau pembicaraan dengan follower kita. Namun bukan berarti kita tidak bisa mengobrol dengan orang yang kita ikuti dan tidak mengikuti kita. Kita bisa saja mengobrol dengan mereka jika kita berkenan.

Langkah Ketiga

Kenali Istilah yang digunakan di twitter. Berikut ini adalah istilah yang cukup familiar bagi pengguna twitter :

  • Tweet : Postingan yang kita bagikan kepada pengikut kita. Dan akan muncul pada timeline follower kita.
  • Timeline : Bisa dikatakan daftar postingan yang menampung semua postingan/tweet dari orang yang kita ikuti. Sehingga kita bisa mengetahui apa saja yang mereka posting.
  • Follow : Proses mengikuti orang yang ingin kita ikuti.
  • Follower : Orang yang mengikuti kita.
  • Retweet : Proses mengulang postingan orang lain, dan kita menyebarkannya kepada follower kita. Ada juga yang menyebutnya RT.
  • Reply : Proses membalas tweet orang lain. Ini sarana pembuka untuk membuat conversasi.
  • Favourite : Memfavouritekan tweet orang atau tweet kita sendiri.
  • Mention : Proses dimana kita menyebut nama akun lain dalam tweet kita.
  • Direct Message : Berkirim pesan secara pribadai. Tidak nampak dalam timeline. Orang menyebutnya DM.
  • CC : Copy carbon gunanya hampir sama dengan cc pada saat mengirim email. Yaitu membuat tembusan kepada akun lain mengenai tweet yang kita baca, dan ingin orang tersebut membacanya juga.
  • dll.
Masih banyak istilah-istilah yang harus kita fahami dalam penggunaan twitter sehingga itu memudahkan kita menjalankan akun kita seperti ahli twitter yang lain. Maka dari itu pelajarilah rahasianya dari berbagai sumber. Saya hanya mencantumkan apa yang menurut saya berguna bagi saya saja, mungkin untuk anda akan jauh lebih banyak lagi. Jadi jangan pernah malas mencari dari sumber lain yang menulis tentang postingan yang sama dengan saya, selalu membaca, dan perkaya pengetahuan anda sebagai modal untuk menjalani kehidupan anda.

Semoga artikel saya bermanfaat bagi anda.
Selamat mencoba.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalakan balasan untuk kami, guna proses perbaikan untuk blog kami.